The Brain Balance Center adalah pusat pembelajaran setelah sekolah yang menyediakan kurikulum terapi perilaku kognitif, musik, aktivitas fisik yang sehat, pelatihan keterampilan swadaya, dan saran nutrisi yang mengatakan bahwa hal itu membantu anak-anak dengan gangguan belajar dan perkembangan berkembang.
Ini adalah gagasan dari Dr. William Sears, pendiri Sears & Roebuck Department Store, yang juga merupakan konsultan di berbagai institusi pendidikan.
Menurut Dr. Sears, keseimbangan otak adalah gagasan bahwa fungsi otak seimbang agar otak berfungsi secara normal. Menurutnya, anak-anak yang telah didiagnosis dengan gangguan perkembangan, atau yang memiliki penyakit mental seperti bipolar, ADD, ADHD, ODD, dll, memiliki keseimbangan otak yang buruk. Dia lebih lanjut menyatakan bahwa keseimbangan otak yang buruk juga merupakan salah satu alasan mengapa kebanyakan dari mereka gagal untuk meningkatkan dari waktu ke waktu. Penyebab utama dari hal ini adalah kenyataan bahwa sebagian besar ahli kesehatan mental tidak mendapat informasi yang memadai tentang masalah kesehatan otak anak.
Dr. Sears mendefinisikan kesehatan otak sebagai: “Suatu kondisi di mana otak berfungsi normal dan dengan tingkat efisiensi dan kecepatan yang tinggi.” Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa kesehatan otak dan fungsi otak saling terkait; Anak-anak yang memiliki fungsi otak yang sehat juga cenderung memiliki kesehatan otak yang sehat.
Faktanya, anak-anak yang sehat secara mental juga terbukti memiliki otak yang sehat. Selain itu, menurut Dr. Sears, anak-anak yang memiliki otak yang sehat juga akan dapat belajar lebih baik karena otaknya akan bekerja pada level yang lebih tinggi. Ingatan mereka juga akan meningkat dan proses berpikir mereka akan lebih tajam.
Namun, jika fungsi otak anak tidak normal, dapat menimbulkan beberapa masalah serius. Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan ketidakmampuan belajar, gangguan attention deficit hyperactivity, prestasi akademis yang rendah, dll. Selain itu, masalah ini juga dapat menjadi permanen jika tidak diperbaiki pada waktunya.
Fokus utama Brain Balance adalah untuk mempromosikan dan mengembangkan pola pikir positif pada anak. Menurut Dr. Sears, seorang anak yang percaya bahwa dirinya tidak memiliki masalah dan merasa hidup mudah adalah orang yang sehat secara mental dan akan mencapai lebih banyak dalam hidup.
Kesehatan Otak Otak: Program Pendidikan Kesehatan Otak: Menurut Dr.
Sears, kesehatan otak dapat dicapai melalui pembelajaran tentang cara kerja otak, cara kerja pikiran, cara meningkatkan kinerja mental, cara membangun rasa percaya diri, cara menghindari stres, cara menghindari tekanan teman sebaya, cara menghadapi depresi, cara mengelola amarah dan kecemasan, serta cara mengatasi trauma. Kesehatan Otak dan Gangguan Belajar: Pusat Kesehatan Otak berkomitmen untuk mendidik orang tua dan guru, pendidik, psikolog, dokter, konselor sekolah, ahli patologi wicara, dan staf medis tentang manfaat kesehatan mental. Anak-anak yang memiliki penyakit mental dapat mengakses sumber daya, program, dan informasi melalui Pusat.
Pusat ini juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan tentang Kesehatan Otak dan Gangguan Belajar. Hal ini meliputi: informasi tentang kesehatan otak anak dan ketidakmampuan belajar, tantangan kesehatan mental, gangguan kognitif dan perilaku anak, bagaimana otak anak terbentuk, bagaimana otak memproses informasi, dampak pengaruh lingkungan terhadap perkembangan otak anak, efek obat pada anak. kesehatan mental, pentingnya nutrisi dan vitamin dalam kesehatan otak anak-anak, dan bagaimana mengajarkan anak-anak cara-cara yang sehat untuk berinteraksi dengan orang lain, bagaimana mendorong interaksi sosial. Pusat ini juga memberikan informasi tentang pentingnya keluarga, mengasuh, dan membina hubungan, dan bagaimana membantu anak-anak mengatasi gangguan emosi.
Pusat tersebut mendorong anak-anak untuk mencari konseling dan dukungan kapan pun mereka membutuhkan bantuan dan bimbingan. Ini menekankan nilai dari diet seimbang, olahraga teratur dan tidur seimbang dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat atau mengikuti program setelah sekolah untuk membantu anak-anak mencapai hal yang sama. Selain itu, ia menawarkan informasi dan dukungan untuk siswa dan orang tua yang memiliki anak yang didiagnosis dengan ketidakmampuan belajar atau gangguan perkembangan.